Beranda Tips dan Trik Mengajar Menutup Kelas Cara Menutup Pembelajaran

Cara Menutup Pembelajaran

128
0
Cara Menutup Pembelajaran
Cara Menutup Pembelajaran

Cara Menutup Pembelajaran – Meninggalkan kesan yang menggoda di akhir pembelajaran adalah sebuah hal penting yang harus dikuasai oleh seorang guru. Jangan sampai proses pembelajaran yang sudah menarik justru diakhiri dengan kesan buruk bagi peserta didik.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan oleh seorang guru untuk menutup pembelajaran dengan baik:

  1. Periksa pemahaman siswa: Sebelum menutup pembelajaran, pastikan bahwa siswa telah memahami materi yang telah dipelajari. Guru dapat memberikan pertanyaan atau tugas singkat untuk memastikan pemahaman siswa.
  2. Ringkas materi yang telah dipelajari: Guru dapat memberikan ringkasan singkat tentang materi yang telah dipelajari selama sesi pembelajaran. Ini dapat membantu siswa untuk merefleksikan dan memperkuat pemahaman mereka tentang materi tersebut.
  3. Berikan umpan balik: Setelah menutup pembelajaran, berikan umpan balik tentang kinerja siswa selama sesi pembelajaran. Ini dapat membantu siswa untuk memperbaiki keterampilan mereka dan memahami bagaimana mereka dapat meningkatkan kinerja mereka di masa depan.
  4. Berikan tugas rumah: Guru dapat memberikan tugas rumah yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari selama sesi pembelajaran. Ini dapat membantu siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang materi tersebut dan mempersiapkan mereka untuk pelajaran berikutnya.
  5. Buat suasana yang santai: Menutup pembelajaran dengan suasana yang santai dapat membantu siswa untuk merasa lebih nyaman dan terbuka untuk bertanya atau berbicara tentang materi yang telah dipelajari.

Dengan menggunakan beberapa tips di atas, seorang guru dapat menutup pembelajaran dengan baik dan membantu siswa untuk memahami dan mengingat informasi yang telah dipelajari.

Guru

Menutup pembelajaran di kelas secara menarik

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk menutup pembelajaran di kelas secara menarik:

  1. Kuis cepat: Guru dapat memberikan kuis cepat kepada siswa untuk menguji pemahaman mereka tentang materi yang telah dipelajari. Kuis cepat ini dapat dilakukan secara individu atau dalam kelompok kecil.
  2. Diskusi kelompok: Guru dapat membagi siswa menjadi kelompok kecil dan memberikan topik diskusi yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari. Setiap kelompok dapat mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
  3. Menonton video: Guru dapat menunjukkan video pendek yang berkaitan dengan topik yang telah dipelajari. Setelah menonton video, guru dapat mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk memastikan bahwa mereka memahami isi video tersebut.
  4. Permainan kelas: Guru dapat membuat permainan kelas yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari. Misalnya, permainan kuis atau permainan papan yang menantang siswa untuk mengingat informasi yang telah dipelajari.
  5. Presentasi siswa: Guru dapat meminta siswa untuk membuat presentasi singkat tentang topik yang telah dipelajari. Presentasi ini dapat dilakukan secara individu atau dalam kelompok kecil.

Dengan menggunakan beberapa cara di atas, seorang guru dapat menutup pembelajaran di kelas secara menarik dan efektif sehingga siswa dapat lebih memahami dan mengingat informasi yang telah dipelajari. (By Set)

Baca juga :

  1. Kumpulan kisah bermakna
  2. Tantangan berdoa di era teknologi
  3. Cara menanamkan nilai kehidupan ke anak
Artikulli paraprakManajemen Waktu Bagi PTK
Artikulli tjetër10 Skills Sukses 2035

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini