Beranda Internalisasi Nilai Kelebihan Kekurangan Boarding School

Kelebihan Kekurangan Boarding School

100
0
Kelebihan Kekurangan Boarding School
Kelebihan Kekurangan Boarding School

Kelebihan Kekurangan Boarding School
Boarding school adalah sekolah yang menyediakan fasilitas tempat tinggal untuk siswa selama periode waktu tertentu, biasanya selama satu tahun atau lebih. Di sekolah asrama ini, siswa tinggal di asrama yang terletak di dalam kampus sekolah dan biasanya diawasi oleh pengawas atau guru yang bertanggung jawab atas keamanan dan kesejahteraan siswa. Boarding school dapat ditemukan di berbagai negara dan sering kali dianggap sebagai institusi pendidikan yang elit dan bergengsi.

Apa keunggulan boarding school

Ada beberapa keunggulan boarding school, di antaranya:

  1. Lingkungan belajar yang kondusif: Para siswa tinggal di kampus sekolah yang berada di lingkungan yang aman dan teratur. Dengan begitu, mereka dapat fokus pada belajar dan mengembangkan diri tanpa terganggu oleh lingkungan yang tidak kondusif.
  2. Fokus pada pendidikan: Boarding school sering menekankan pada pendidikan dan pengembangan diri siswa. Mereka biasanya memiliki program akademik yang komprehensif dan menawarkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang beragam.
  3. Kemandirian: Tinggal jauh dari keluarga dapat membantu siswa untuk menjadi lebih mandiri. Mereka belajar untuk mengatur waktu mereka sendiri, mengambil keputusan, dan menghadapi tantangan dengan lebih percaya diri.
  4. Dukungan sosial: Di boarding school, siswa dapat membentuk persahabatan yang kuat dengan teman sekelas dan pengawas. Mereka juga dapat memperoleh dukungan dan bimbingan dari guru dan pengawas yang bertanggung jawab atas asrama.
  5. Persiapan untuk perguruan tinggi: Boarding school sering kali menekankan pada persiapan untuk perguruan tinggi, dengan menawarkan program akademik yang menantang dan pelatihan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di perguruan tinggi.
keunggulan boarding school


Kekurangan boarding school

Ada beberapa kekurangan boarding school, di antaranya:

  1. Biaya yang mahal: Boarding school seringkali lebih mahal dibandingkan dengan sekolah biasa karena harus menanggung biaya tempat tinggal, makanan, dan fasilitas lainnya. Hal ini bisa menjadi kendala bagi keluarga yang tidak mampu membayar biaya yang mahal.
  2. Jauh dari keluarga: Tinggal jauh dari keluarga dapat membuat siswa merasa kesepian dan rindu. Beberapa siswa mungkin kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dan merindukan dukungan keluarga mereka.
  3. Kurangnya privasi: Tinggal di asrama berarti siswa harus berbagi kamar dan fasilitas lainnya dengan siswa lain. Hal ini dapat mengurangi privasi dan membuat siswa merasa tidak nyaman.
  4. Kurangnya kebebasan: Siswa di boarding school harus mengikuti aturan dan jadwal yang ketat. Mereka juga harus mematuhi peraturan yang berlaku di asrama dan sekolah, yang dapat membuat mereka merasa terikat dan kurang bebas.
  5. Kurangnya variasi sosial: Karena siswa tinggal di kampus, mereka mungkin kurang mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang dari luar lingkungan sekolah. Hal ini dapat mengurangi variasi sosial dan membuat siswa kurang terpapar pada keragaman budaya.

Rata-rata biaya boarding school Indonesia

Biaya boarding school di Indonesia bervariasi tergantung pada lokasi, fasilitas, dan program akademik yang ditawarkan oleh sekolah. Namun, rata-rata biaya boarding school di Indonesia berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 150 juta per tahun. Biaya tersebut meliputi biaya pendaftaran, biaya sekolah, biaya asrama, biaya makan, dan biaya kegiatan ekstrakurikuler. Beberapa sekolah mungkin juga menawarkan beasiswa atau bantuan keuangan bagi siswa yang memenuhi persyaratan tertentu. Namun, penting untuk diingat bahwa biaya boarding school dapat menjadi beban finansial yang besar bagi keluarga, sehingga perlu dipertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk memasukkan anak ke boarding school. Semoga sedikit gambaran tentang Kelebihan Kekurangan Boarding School ini bisa menjadi pertimbangan.(By Set)

Baca juga :

  1. Cara jitu menangani kenakalan remaja
  2. Tantangan era digital
  3. 10 cara efektif memaafkan
  4. Rumah pengembangan guru
Artikulli paraprakPencegahan Pelanggaran UU ITE Kalangan Pelajar
Artikulli tjetërAnak Pintar Atau Baik?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini